PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022

  • Zumrotun Nafi’ah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Rahayu Kurniawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Populasi studi berjumlah 30 perusahaan dan dijadikan sampel sebanyak 10 perusahaan (30 laporan keuangan) menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0,003< 0,05, profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0,146 > 0,05 dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi dengan nilai signifikan 0,421 < 0,05. Nilai koefisien determinasi sebesar 27,9%. Saran untuk calon investor agar dapat lebih cermat dalam menganalisa laporan keuangan yang disajikan. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya penelitian menggunakan periode waktu yang lebih lama dan terbaru, serta dengan variabel- variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Published
2023-12-31