PENGARUH IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN PRODUK SAMSUNG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh iklan dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian melalui kesadaran merek pada konsumen produk Samsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Kuningan yang pernah membeli dan menggunakan produk smartphone Samsung dalam jumlah yang tidak diketahui jumlahnya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner dan pengukuran menggunakan skala interval. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek konsumen produk Samsung. (2) Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness konsumen produk Samsung. (3) Kesadaran Merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk Samsung. (4) Celebrity endorser tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk Samsung.
- Iklan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk