ANALISIS METODE ACTIVITY BASED MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PG. MOJOPANGGUNG

  • Santhya Widowati Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ekonomi
Keywords: Aktivitas Berbasis Manajemen, Efisiensi Biaya Produksi, Activity Based Management, Eficiency Cost Production

Abstract

Abstrak

Manajemen PG. Modjopanggung memiliki tantangan untuk meningkatkan produksi perusahaan dan menyediakan produk yang berkualitas dan dapat memenuhi harapan konsumen tetapi dengan biaya produksi seefisien mungkin dengan menerapkan metode Activity Based Management yaitu salah satu metode pengelolaan aktivitas yang bertujuan meningkatkan nilai pelanggan dan menghasilkan laba.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Activity Based Management (ABM) yang dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi pada PG. Mojopanggung.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakanteknik survei pendahuluan, studi kepustakaan, survei lapangan, observasi, interview, dan dokumentasi data-data untuk mendukung analisa dan hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PG. Mojopanggung dalam aktivitas produksinya belum menerapkan Activity Based Management  sebagai dasar aktivitasnya sehingga masih ada aktivitas yang tidak bernilai tambah yang tidak dihilangkan oleh perusahaan sehingga masih ada penggunaan sumber daya yang tidak memberi value added  bagi perusahaan.

 

Abstract

 

PG Modjopanggung management have to increase production number and serving quality product and fulfill consumer expectation but with an efficient production cost by implementing activity based management which is one of the methods used to bring up consumer value and for profit.

This study aims to know how activity based management has implemented in PG. Mojopanggung that may increase production Cost Efficiency.

Research method used was qualitative descriptive with case study analysis. Data was collected by techniques such as opening survey, literature study, field observation  interview, and documenting datas for analayzing and result support.

Result of this study showed that PT PG Candi Baru Sidoarjo has not been implemented activity based management on their production activities, so that there are some non value added activities which are not willing to lose those activities by the company caused resource usage that does not getting any added value.

Author Biography

Santhya Widowati, Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ekonomi

Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ekonomi

Published
2021-07-20