Pengaruh Service Quality Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Grab-Driver Pada Aplikasi Grab Di Semarang

  • Sukarsono Sukarsono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Heni Subekti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Risma Musfiyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: Kepuasan Pelanggan; Service Quality; Promosi

Abstract

Kota Semarang penggunaan transportasi umum dirasa belum memadai sehingga jasa transportasi grab-driver di Kota Semarang menjadi pilihan walau dirasa sedikit lebih mahal, lantaran mampu memberikan pelayanan lebih baik mengingat tidak terikat oleh rute dan jam pelayanan. Grab merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pengguna Grab-Driver. Tipe penelitian adalah explanatory research dengan pengambilan sampel menggunakan pendekatan nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang ditujukan pada pelanggan pengguna jasa transportasi online Grab-Driver di Kota Semarang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS versi

  1. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Published
2023-12-31