STUDI KEUNGGULAN BERSAING (COMPETITIVE ADVANTAGE) UMKM MEBEL DI KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK

  • Sopi Sopi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Sadar Fa’adah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, kinerja pemasaran, keunggulan bersaing

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi tren penurunan jumlah UMKM mebel di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing UMKM mebel di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 35 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 24 dalam pengujian Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dengan Uji t, Uji Kelayakan Model dengan Uji F, Uji Koefisien Determinasi (R2) dan Uji Asumsi Klasik.

Berdasarkan hasil Uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel orientasi pasar, inovasi produk, dan kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing UMKM mebel di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, sedangkan variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan  terhadap keunggulan bersaing UMKM mebel di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Berdasarkan hasil Uji F dapat diketahui nilai  62.034 yang lebih besar dari nilai  2.67 dan tingkat signifikan 0,000 yang lebih kecil dari  (0,05) artinya bahwa model regresi penelitian dapat dinyatakan andal/layak. Hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,878. Berdasarkan nilai Adjusted R Square  tersebut dapat disimpulkan bahwa keunggulan bersaing dipengaruhi orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan kinerja pemasaran sebesar 87.8% sedangkan sisanya sebesar 12.2% di pengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Published
2023-12-31