Upaya Pusat Kesehatan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien

  • Rowiyani Rowiyani Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
  • Mukhlidin Mukhlidin Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Kepuasan pasien

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan Upaya Pusat Kesehatan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data secara primer dengan menyebar kuesioner dimana populasi di penelitian ini adalah pasien rawat inap dipuskesmas kebakkramat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil hasil analisis linear berganda bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pasien kebakkramat kabupaten karanganyar. Hasil uji koefisien determinasi didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,403 hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi mampu dijelaskan kepuasan pasien sebesar 40,3% sedangkan sisannya sebesar 59,7% dijelaskan oleh faktor lain diluar variabel.

Published
2023-12-31