PENGARUH KOMITMEN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN DI ATMO SECOND SUSUKAN

  • Khamilatul Diniyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Silvia Hendrayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
Keywords: komitmen, kepercayaan, kepuasan, retensi pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen terhadap retensi pelanggan, mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap retensi pelanggan, dan mengetahui pengaruh kepuasan terhadap retensi pelanggan di Atmo Second Susukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Atmo second susukan yang jumlahnya tidak terbatas. Penelitian ini melakukan pengambilan sampel dengan menggunakan aturan jumlah sampel minimal 5-10 kali dari jumlah indikator, sehingga jumlah sampel sebanyak 91 responden. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan positif antara komitmen (X1 kepercayaan (X2) dan kepuasan (X3) terhadap retensi pelanggan

(Y). Hasil pengujian parsial diperoleh nilai t-hitung pengaruh komitmen terhadap retensi sebesar 0.232 dengan angka probabilitas sebesar 0.000< 5% dan nilai t hitung sebesar 4.314> t tabel 2.587; berarti secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komitmen (X1) terhadap retensi (Y). Hasil pengujian parsial diperoleh nilai t-hitung pengaruh kepercayaan terhadap retensi sebesar 0.517 dengan angka probabilitas sebesar 0.000< 5% dan nilai t hitung sebesar 8.704> t tabel sebesar 2.587; berarti secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepercayaan (X2) terhadap retensi (Y).Sedangkan hasil pengujian parsial diperoleh nilai t-hitung pengaruh kepuasan terhadap retensi sebesar 0.217 dengan angka probabilitas sebesar 0.000< 5% dan nilai t hitung sebesar 3.738> t tabel sebesar 2.5867; berarti secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepuasan (X2) terhadap retensi (Y). Saran dalam penelitian ini adalah pentingnya Atmo Second untuk meningkatkan komitmen, kepercayaan dan kepuasan. Hal ini dilakukan agar retensi pelanggan dapat meningkat.

Published
2023-12-31