Determinan Minat Mahasiswa Ekonomi Menggunakan Aplikasi Marketplace Dalam Bertransaksi E-Commerce
Abstract
Marketplace merupakan suatu perantara antara penjual dengan pembeli yang menawarkan berbagai kemudahan dalam penggunaannya dengan memberikan fitur-fitur pada website atau aplikasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan menganalisis
pengaruh risiko, harapan kinerja, kemudahan, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, inovasi, kenyamanan, dan kepercayaan terhadap minat mahasiswa ekonomi menggunakan aplikasi Marketplace dalam bertransaksi e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2017 sebanyak 1.828 mahasiswa. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 95 sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25.0. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pengaruh sosial, kenyamanan, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa ekonomi menggunakan aplikasi Marketplace dalam bertransaksi e-commerce. Sedangkan risiko, harapan kinerja, kemudahan, kondisi yang memfasilitasi, dan inovasi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa ekonomi menggunakan aplikasi Marketplace dalam bertransaksi e-commerce.