Determinan Minat Mahasiswa Ekonomi Menggunakan Aplikasi Marketplace Dalam Bertransaksi E-Commerce

  • Devita Lestyoutari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zulfikar Zulfikar Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: E-Commerce, Minat Penggunaan, Aplikasi Marketplace, UTAUT

Abstract

Marketplace merupakan suatu perantara antara penjual dengan pembeli yang menawarkan berbagai kemudahan dalam penggunaannya dengan memberikan fitur-fitur pada website atau aplikasi.  Penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  yang  bertujuan  menganalisis

pengaruh risiko, harapan kinerja, kemudahan, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, inovasi, kenyamanan, dan kepercayaan terhadap minat mahasiswa ekonomi menggunakan aplikasi Marketplace dalam bertransaksi e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah   Surakarta   angkatan   2017   sebanyak   1.828   mahasiswa.   Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan mendapatkan  sampel  sebanyak  95  sampel.  Analisis  data  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25.0. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pengaruh sosial, kenyamanan, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa ekonomi menggunakan aplikasi  Marketplace  dalam  bertransaksi  e-commerce.  Sedangkan  risiko,  harapan kinerja,  kemudahan,  kondisi  yang  memfasilitasi,  dan  inovasi  tidak  berpengaruh terhadap minat mahasiswa ekonomi menggunakan aplikasi Marketplace dalam bertransaksi e-commerce.

Author Biographies

Devita Lestyoutari, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Zulfikar Zulfikar, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta

Published
2021-07-20