Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kabupaten Kendal
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu tumpuan sektor perekonomian di Indonesia. Perkembangan UMKM di Kabupaten Kendal terus meningkat dari segi kuantitasnya. Sehingga perlu ditingkatkan juga dari segi kualitasnya untuk menumbuhkan minat beli masyarakat terhadap produk UMKM di Kabupaten Kendal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk UMKM di Kota Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk UMKM di Kabupaten Kendal. Penelitian ini diambil sampel sebanyak 100 orang sebagai responden untuk memberikan respon terhadap instrument yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan kausalitas variabel. Analisis yang dilakukan dengan menguji hipotesis dan mengukur besarnya pengaruh antar variabel yang memiliki hubungan kausalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Citra merek mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.