PENGARUH GREEN MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Produk Air Mineral Merek AQUA di Sampangan, Semarang)

  • Achmad Wahyudi
Keywords: green marketing, green product, green price, green place, green Promotion, brand image dan keputusan pembelian

Abstract

Semakin banyaknya isu mengenai peringatan global menyebabkan perilaku masyarakat semakin cinta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan. Adanya permasalahan tersebut, perusahaan menerapkan strategi pemasaran berbasis lingkungan atau disebut green marketing. Selain green marketing, perusahaan harus mampu menjaga brand image produknya agar mampu bersaing di pasar. Oleh karena itu, penelitian yang berjudul “Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Air Mineral Merek AQUA Di Daerah Sampangan Semarang”, mempunyai rumusan masalah mengenai pengaruh green marketing, pengaruh brand image , serta pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian Responden yang merupakan konsumen AQUA di Sampangan Semarang berjumlah 135 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Data diperoleh dari data primer dan data sekunder, analisis menggunakan regresi linier. Hasil pengolahan dan analisis data, green marketing (green product, green price, green place, green Promotion) dan brand image terhadap keputusan pembelian AQUA di Sampangan Semarang adalah positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dan nilai determinannya sebesar 63,20%. Variabel tempat hijau merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian produk air mineral.

Published
2023-12-31