ANALISIS MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN PROFESI SEBAGAI AKUNTAN

  • Irvania Yustika STIE SEMARANG
  • Elsya Ayu Febrianan STIE SEMARANG
  • Aufaa Dhiyaa Khansa B STIE SEMARANG
  • Aini Fadlilatun Ni`mah STIE SEMARANG
  • Wachidah Fauziyanti STIE SEMARANG
Keywords: intrinsik pekerjaan, penghargaan financial, pelatihan professional, minat profesi akuntan publik, job intrinsic, financial rewards, professional training, interest in the public accounting profession

Abstract

Abstrak


Rendahnya perkembangan jumlah akuntan publik di Indonesiadapat di sebabkan oleh beberapa factor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa faktor-faktor minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan profesi sebagai akuntan publik. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pengaruh intrinsik pekerjaan, penghargaan finansial & pelatihan profesional mahasiswa akuntansi terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan profesi sebagai akuntan publik.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara kuesioner yang merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan
seperangkat pertanyaan dan pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sample dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji F dan analisis regresi berganda.

Hasil dari pengolahan data nilai koefisien variabel intrinsik pekerjaan X1= 6,313 menunjukan bahwa intrinsik pekerjaan dengan minat mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik berpengaruh positif. variabel penghargaan finansial X2= 0,148 menunjukan bahwa penghargaan finansial dengan minat mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik berpengaruh positif. Nilai koefisien variabel pelatihan profesional X3= -0,082 menunjukan bahwa pelatihan profesional dengan minat mahasiswa akuntansi terhadap akuntan publik berpengaruh negatif. Keterbatasan Penelitian teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini hanyamenggunakan kuesioner sehingga kesimpulan yang dapat diambil hanya berdasarkan pada data yang dikumpulkan melalui kuesioner tersebut.Dalam penelitian ini variabel pelatihan profesional kurang spesifik dikarenakan dalam kuesioner ada pertanyaan yang kurang jelas tentang pendapatan responden maka dalam penelitian berikutnya variabel pelatihan profesional harus dijelaskan secara spesifik.

 

Abstract


The low development of the number of public accountants in Indonesia can be caused by several factors. This study was conducted to analyze the factors of interest in accounting students in choosing a profession as a public accountant. The purpose of this study was to determine the intrinsic effect of work, financial rewards &professional training of accounting students on the interest of accounting students in choosing a profession as a public accountant. Data collection in this study was conducted by means of a questionnaire which is a data collection technique carried out by giving a set of questions and written statements to the respondents to be answered. The sample in this study amounted to 40 respondents. The data analysis method used in this study is the classical assumption
test, F test and multiple regression analysis. The results of data processing the value of the intrinsic variable coefficient of work X1 = 6.313 shows that the intrinsic work with accounting students' interest in the public accounting profession has a positive effect. The financial award variable X2 = 0.148 indicates that the financial award with the interest of accounting students in the public accounting profession has a positive effect. The coefficient value of the professional training variable X3 = -0.082 indicates that professional training with accounting students' interest in public accountants has a negative effect. Research Limitations The data collection technique used in this study only used a questionnaire so that conclusions can be drawn only based on the data collected through the questionnaire. In this study the variable of professional training is less specific because in the questionnaire there are unclear questions about the income of
the respondent, so in the next study the variable of professional training must be explained specifically.

Author Biographies

Irvania Yustika, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Elsya Ayu Febrianan, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Aufaa Dhiyaa Khansa B, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Aini Fadlilatun Ni`mah, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Wachidah Fauziyanti, STIE SEMARANG

Lecture of STIE SEMARANG

Published
2021-07-20