Peranan E Commerce Berbasis Website Terhadap Pemasaran Dan Penjualan Bulu Mata Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi kasus: PT. Best Lady Bulu Mata Purbalingga)
Abstract
PT. Best Lady merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang produksi dan penjualan bulu mata tiruan. Salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing adalah menggunakan media pemasaran yang tepat yang menggabungkan antara media pemasaran offline dan online. Media pemasaran dan penjualan yang dimiliki oleh PT. Best Lady masih konvensional yaitu secara offline. Pemasaran menggunakan sarana media sosial seperti Facebook, WA, Instagram, Twiter dan marketing ke salon-salon sehingga pertumbuhan pasarnya sangat lambat. Pada saat terjadi penjualan sering ada penjual barang reject atau limbah dengan harga sangat murah serta dengan kualitas jelek sehingga merusak harga pasar. Tujuan penelitian membantu PT. Best Lady melengkapi media pemasaran dan penjualan secara online berbasis website untuk memperluas pangsa pasar serta mempercepat laju penjualan. Tahap yang dilakukan adalah analisis e-commerce platform, pendaftaran, pelatihan dan pendampingan penggunaan e-commerce platform, serta dilakukan pemantauan dan rekapitulasi hasil penjualan melalui e-commerce platform tersebut. Hasil penelitian dari 39 responden yang dipilih dari para karyawan pemasaran, penjualan, administrasi dan pelanggan menyatakan bahwa 96,3 % memiliki daya kegunaan, 98% mudah dipelajari baik oleh konsumen maupun pengelola website, 93% lebih efisien dalam pelaporan, dan 93% dapat diterima dengan baik. Situs e-commerce ini dapat diakses oleh seluruh pengguna internet untuk memperbesar jumlah konsumen dan mempermudah PT. Best Lady dalam melakukan penjualan bulu mata dan juga mempermudah pelaporan penjualan yang dibutuhkan.