FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CITRA MEREK PRODUK LIFEBUOY

  • Krisna Bayu Wicaksana STIE Semarang
  • Andika Oktavianto STIE Semarang
  • Adlan Susendra STIE SEMARANG
  • Fidyah Yuli Ernawati STIE SEMARANG
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Citra Merek, Product Quality, Service Quality, Price, Promotion, Brand Image

Abstract

Abstrak

Di Era Globalisasi yang telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya perubahan tersebut adalah perubahan pada bidang pemasaran yaitu persaingan citra merek dalam produk yang digunakan setiap hari. Bagi perusahaan, merek adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah produk maupun jasa. Salah satu citra merek yang digunakan setiap hari adalah produk Lifebuoy. Tujuan Penelitian ini  adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap citra merek Lifebuoy pada Toko Pinter di Kelurahan Bandarjo

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Lifebuoy pada Toko Pinter di Kelurahan Bandarjo pada bulan januari sebanyak 250 pelanggan. Sehingga didapatkan Sample berjumlah 95 responden . Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independent (X) terdiri dari kualitas produk, kualitas pelayanan, Harga, promosi dan variabel dependen (Y) yaitu citra merek. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar  kuesioner. Metode analisis yaitu Uji asumsi klasik, Uji regresi linier berganda, dan Uji Hipotesis

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap citra merek dengan signifikan sebesar 0.009 < 0.05. kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap citra merek sebesar 0.045 < 0.05. harga berpengaruh signifikan terhadap citra merek dengan signifikan sebesar 0.019 < 0.05. promosi berpengaruh signifikan terhadap citra merek sebesar 0.003 < 0.05 sehingga perhitungan statistik menunjukan secara parsial variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek.

Bagi pihak Toko Pinter di Kelurahan Bandarjo diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan, karena variabel kualitas pelayanan memiliki koefisien regresi paling rendah di antara variabel lainnya. Dimana  Ketika kualitas pelayanan sebuah produk naik maka tingkat kepercayaan pada citra merek produk akan naik pula.

 

Abstract

Abstract In the era of globalization, which has demanded a change in the old paradigm in all fields, one of which is a change in the marketing sector, namely competition for brand images in products that are used every day. For companies, the brand is one of the most important things in a product or service. One of the brand images used every day is toothpaste products, especially pepsodent toothpaste. The purpose of this study was to determine the effect of product quality, service quality, price, and promotion on the brand image of Pepsodent toothpaste at Toko Bahagia in Pucangrejo Village. The population in this study were all customers of pepsodent toothpaste at the Happy Shop in Pucangrejo Village in October as many as 250 customers. So that the sample obtained is 95 respondents. The variable in this study is the independent variable (X) consisting of product quality, service quality, price, promotion and the dependent variable (Y), namely brand image. The data collection method was done by distributing questionnaires. The analysis method is the classical assumption test, multiple linear regression test, and hypothesis test The results showed that the variable product quality had a significant  effect on brand image with a significant amount of 0.009 <0.05. Service quality has a significant effect on brand image of 0.045 <0.05. price has a significant effect on brand image with a significant amount of 0.019 <0.05. promotion has a significant effect on brand image of 0.003 <0.05 so that statistical calculations show partially the variables of product quality, service quality, price, and promotion have a positive and significant effect on brand image. For the Happy Shop in Pucangrejo Village it is expected to improve service quality, because the service quality variable has the lowest regression coefficient among other variables. Where when the service quality of a product increases, the level of trust in the product's brand image will also increase.

 

Author Biographies

Krisna Bayu Wicaksana, STIE Semarang

STIE Semarang

Andika Oktavianto, STIE Semarang

STIE Semarang

Adlan Susendra, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Fidyah Yuli Ernawati, STIE SEMARANG

Lecture of STIE SEMARANG

Published
2021-07-20