FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BURNOUT PADA KARYAWAN CV JAYA LESTARI

  • Istiana Pratama STIE SEMARANG
  • Fidyah Yuli Ernawati STIE SEMARANG
  • Rokhmad Budiyono STIE SEMARANG
Keywords: Burnout, Lingkungan Kerja, Beban Kerja, Self Efficasy

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi potensi burnout terhadap karyawan CV Jaya Lestari. Variabel yang terdapat pada penelitian ini meliputi variabel lingkungan kerja, beban kerja, self efficasy sebagai variable bebas, serta burnout sebagai variable terikat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 karyawan yang berpotensi mengalami burnout pada CV Jaya Lestari. Penelitian ini diolah dengan menggunakan tehnik sampul jenuh yang menghasilkan 41 responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang terdiri dari: uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda,  uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2).

Hasil persamaan regresi linear berganda dari penelitian ini diketahui sebagai berikut: Y1 = 8,777 – 0,613 X1 + 0,600 X2 + 0,542 X3. Hasil analisis data yang dilakukan pada indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian ini semuanya valid dan reliabel. Untuk uji asumsi klasik secara keseluruhan data berdistribusi normal.  Hasil uji t penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja berpengaruh negatif dengan nilai signifikan sebesar 0,006. Variabel beban kerja berpengaruh positif dengan nilai signifikan sebesar 0,002. Variabel self efficasy berpengaruh positif dengan nilai signifikan sebesar 0,001. Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh secara stimultan atau bersama-sama dengan nilai signifikan 0,000. Hasil uji analisi koefisien determinasi (R2) sebesar 41,4 %.

Variabel yang paling berpengaruh terhadap burnout pada karyawan CV Jaya Lestari adalah variabel beban kerja. Maka dari itu perusahaan perlu memperhatikan tingkat beban pekerjaan yang diterima oleh karyawan dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Author Biographies

Istiana Pratama, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Fidyah Yuli Ernawati, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Rokhmad Budiyono, STIE SEMARANG

STIE SEMARANG

Published
2020-07-14