ANALISIS PENGELUARAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN KEUANGAN

  • Restu Hamzah Fanzuri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zulfikar Zulfikar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Employee Welfare Costs, Fees for the Community, Company Size, Leverage, Public Share Ownership, Market Value, Biaya Kesejahteraan Karyawan, Biaya Untuk Komunitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengeluaran corporate social responsibility (CSR), ukuran perusahaan, leverage dan kepemilikan saham publik terhadap nilai pasar pada perusahaan keuangan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 170 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya kesejahteraan karyawan berpengaruh positif terhadap nilai pasar pada perusahaan keuangan terbuka, sedangkan biaya untuk komunitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kepemilikan saham publik tidak berpengaruh positif terhadap nilai pasar pada perusahaan keuangan terbuka. Biaya kesejahteraan karyawan, biaya untuk komunitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kepemilikan saham publik secara simultan berpengaruh terhadap nilai pasar pada perusahaan keuangan terbuka.

 

 

Abstract

This study aims to analyze the influence of corporate social responsibility issuance, company size, leverage, and public share ownership to market value in publicly traded financial companies listed in Indonesian stock exchange (BEI) in 2015- 2019. The sampling technique used purposive sampling method with total sample of 170 companies. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The result of this study indicated that employee welfare costs have positive influence on market value in publicly traded financial companies, while fees for the community, company size, leverage, and public share ownership don’t has no positive influence on market value in publicly traded financial companies. Employee welfare costs, fees for the community, company size, leverage, and public share ownership simultaneously take influence on market value in publicly traded financial companies.

Author Biographies

Restu Hamzah Fanzuri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Zulfikar Zulfikar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta 

Published
2021-07-20