STRATEGI CITY BRANDING KOTA DENPASAR “THE HEART OF BALI” DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA KE MUSEUM BALI

  • Putu Pendy Amdika Putra Politeknik Pariwisata Bali
Keywords: City Branding, Kunjungan Wisatawan, Number of tourist visit

Abstract

Abstrak

Pulau Bali adalah pulau yang dikenal dengan branding “The Island of Gods”. Menentukan suatu identitas dan city branding dibuat untuk memberi nilai keunikan yang membedakan satu daerah dengan lainnya. Denpasar adalah salah satu wilayah yang sudah memiliki city branding. City branding kota Denpasar adalah Denpasar “The Heart of Bali” yang berarti Denpasar sebagai pusat atau jantung pulau Bali. City branding kota Denpasar cukup memberikan dampak terhadap kunjungan ke Museum Bali. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi city branding yang dijalankan para pemangku kepentingan dalam mengoptimalkan kunjungan wisatawan ke Museum Bali. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Museum Bali.Informan penelitian ini meliputi tiga macam yaitu: informan Kunci, adalah Kasi Pemasaran Dinas Pariwisata Denpasar, informan Utama adalah Kepala UPTD Museum Bali dan informan tambahan, yaitu mereka yang dapat memberikan informasi walaupun tidak langsung terlibat dalam interaksi sosial. Informan tambahan pada penelitian ini terdiri dari perwakilan 5 orang pengunjung yang sudah pernah datang kemuseum Bali. Hasil penelitian menunjukan jumlah kunjungan dari tahunn 2014 – 2019 selalu mengalami naik – turun. Kedepan perlu mendapatkan perhatian strategi khusus untuk memberikan berdampak pada peningkatan kunjungan yang berkesinambungan.Branding kota Denpasar “The Heart Of Bali” sudah diketahui oleh beberapa responden, hanya saja mereka belum mengetahui logo tersebut digunakan sebagai alat promosi pariwisata kota Denpasar. Pemerintah harus lebih kreatif dan inovatif dengan mengumpulkan berbagai gagasan untuk diterapkan ke dalam city branding.

 

Abstract

Bali is an island known for its branding "The Island of Gods". Determining an identity and city branding are made to provide a unique value that differentiates. Denpasar is one of the areas that already has city branding. The city branding of Denpasar is Denpasar "The Heart of Bali" which means Denpasar as the center or heart of Bali. The city branding of Denpasar city has quite an impact on a visit to the Museum Bali. This study aims to determine the city branding strategy implemented by stakeholders in optimizing tourist visits to the Bali Museum. The research method used in this research is descriptive research method with a qualitative approach. The research is at the Museum Bali. The informants of this research include three kinds of key informants, namely the Head of Marketing for the Denpasar Tourism Office, the main informants are the Head of t UPTD Museum Bali and additional informants, namely those who can provide information even though they are not directly involved in social interaction. Additional informants were representatives of 5 visitors who had come to the Bali museum. The results of the study show that the number of visits from 2014 to 2019 has always  fluctuated. In the future, it is necessary to get special strategic attention to have an impact on the continuous increase in visits. The branding of Denpasar city "The Heart Of Bali" has been known by several respondents, but they do not know that the logo is used as a tourism promotion tool for the city of Denpasar. The government must be more creative and innovative by collecting various ideas to be applied into city branding.

Author Biography

Putu Pendy Amdika Putra, Politeknik Pariwisata Bali

Politeknik Pariwisata Bali

Published
2021-07-20