STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL KERUPUK MIE “KEMBANG MATAHARI” KARADENAN KABUPATEN BOGOR

  • Pandu Pramudita Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Iis Purnengsih Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nurulfatmi Amzy Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dendi Pratama Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Strategi Pengembangan, Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM), Kerupuk Mie “Kembang Matahari” Karadenan Bogor, Development Strategy, Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs)

Abstract

Abstrak

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia sangatlah penting. Untuk menjamin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh dengan baik, maka perlu adanya usaha pengembangan (UMKM) yang dilakukan oleh setiap pelaku UMKM. Salah satu strategi yang bisa digunakan ialah strategi pemasaran. Kerupuk Mie “Kembang Matahari” merupakan salah satu UKM yang berdiri semenjak tahun 1977. Untuk mengembangkan usahanya, diperlukan suatu strategi pengembangan usahanya dengan tepat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yaitu metode analisis data yang menunjukkan pengembangan usaha dapat ditentukan oleh kombinasi faktor eksternal dan internal yakni faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kerupuk Mie “Kembang Matahari” dalam mengembangkan usaha agar dapat meningkatkan usahanya dan kendala apa saja yang dihadapi dalam melaksanakan upaya tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat di sampaikan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengusaha Kerupuk Mie “Kembang Matahari” Karadenan yaitu meningkatkan pasar yang lebih luas, menjaga kualitas produk, memberikan pelatihan kepada pekerja, meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan menetapkan harga. Sedangkan hasil analisis SWOT yang penulis teliti dari berbagai kendala maka pada penelitian ini akan meminimalisir dari masalah yang ada yaitu dengan menggunakan Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, Strategi WT. Dari strategi itu maka peneliti berharap akan bisa membantu dalam mengembangkan usahanya pada pengusaha Kerupuk Mie Karadenan Kabupaten Bogor.

 

Abstract

The role of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the economic growth of the Indonesian people is very important. To ensure that Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) grow well, it is necessary to have development efforts (MSMEs) carried out by every MSME actor. One strategy that can be used is a marketing strategy. Kerupuk Mie “Kembang Matahari” is one of the SMEs that was founded in 1977. To develop its business, a proper business development strategy is needed. This research is a type of field research (field research). In collecting data the author uses the method of observation, interviews, and documentation. Meanwhile, in the analysis, this study uses the SWOT analysis method, which is a data analysis method that shows business development can be determined by a combination of external and internal factors, namely strengths, weaknesses, opportunities and threats. This research was conducted to determine the "Kembang Matahari" Mie Crackers in developing their business in 

order to increase their business and what obstacles were faced in carrying out these efforts. Based on the results of the research conducted by the author, it can be said that the development strategy carried out by the Karadenan "Kembang Matahari" Karadenan Mie Cracker entrepreneur is to increase the wider market, maintain product quality, provide training to workers, improve the quality of customer service and set prices. While the results of the SWOT analysis that the author examined from various obstacles, this study will minimize the existing problems by using the SO Strategy, ST Strategy, WO Strategy, WT Strategy. From that strategy, the researcher hopes that it will be able to help in developing his business at the Karadenan Noodle Cracker entrepreneur, Bogor Regency.

Author Biographies

Pandu Pramudita, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Iis Purnengsih, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Nurulfatmi Amzy, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Dendi Pratama, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Published
2021-07-20