FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CITRA MEREK PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT (sturdi kasus pada toko bahagia di desa pucungrejo)
Abstract
Abstrak
Di Era Globalisasi yang telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya perubahan tersebut adalah perubahan pada bidang pemasaran yaitu persaingan citra merek dalam produk yang digunakan setiap hari. Bagi perusahaan, merek adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah produk maupun jasa. Salah satu citra merek yang digunakan setiap hari adalah produk pasta gigi khususnya pasta gigi pepsodent. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap citra merek pasta gigi Pepsodent pada Toko Bahagia di Desa Pucangrejo
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan pasta gigi pepsodent pada Toko Bahagia di Desa Pucangrejo pada bulan oktober sebanyak 250 pelanggan. Sehingga didapatkan Sample berjumlah 95 responden . Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independent (X) terdiri dari kualitas produk, kualitas pelayanan, Harga, promosi dan variabel dependen (Y) yaitu citra merek. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Metode analisis yaitu Uji asumsi klasik, Uji regresi linier berganda, dan Uji Hipotesis
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap citra merek dengan signifikan sebesar 0.009 < 0.05. kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap citra merek sebesar 0.045 < 0.05. harga berpengaruh signifikan terhadap citra merek dengan signifikan sebesar 0.019 < 0.05. promosi berpengaruh signifikan terhadap citra merek sebesar 0.003 < 0.05 sehingga perhitungan statistik menunjukan secara parsial variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek.
Bagi pihak Toko Bahagia di Desa Pucangrejo diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan, karena variabel kualitas pelayanan memiliki koefisien regresi paling rendah di antara variabel lainnya. Dimana Ketika kualitas pelayanan sebuah produk naik maka tingkat kepercayaan pada citra merek produk akan naik pula