PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI DI MASA PANDEMI
Abstract
Abstrak
Pandemi yang berkepanjangan sebagai akibat adanya virus Corona merupakan salah satu bentuk ancaman yang menyerang banyak negara di dunia. Pandemi ini memberikan dampak pada hampir semua sektor kehidupan. Salah satu sektor yang terkena imbas selain kesehatan adalah sektor ekonomi. Sektor ekonomi tidak terlepas dari pergeseran yang sebelumnya banyak terdapat bisnis secara konvensional, maka beberapa tahun terakhir sudah mulai bergeser ke bisnis digital. Dalam kaitannya dengan UMKM sebagai salah satu subsektor ekonomi, mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman. Fenomena bahwa produk UMKM memiliki kendala dalam hal pemasaran sehingga banyak produk yang
tidak terjual, penggunaan strategi pemasaran tardisional yang belum menjangkau pangsa pasar yang luas serta penurunan pendapatan yang signifikan pada masa pandemi Covid-19 yang berdampak ada ketahanan ekonomi pelaku UMKM yang rendah. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana pemberdayaan UMKM melalui digital marketing di masa pandemi dan tujuan penelitian ialah mendeskripsikan sejauhmana upaya pemberdayaan UMKM melalui penguatan strategi pemasaran (digital marketing). Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analisis dan teknik analisis data Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang sudah dilakukan oleh
pelaku UMKM sebagian besar saat ini berbasis pada offline marketing. Pemasaran offline memiliki kekurangan yaitu pangsa pasar yang terbatas. Adanya strategi pemasaran yang berbasis digital dan dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak diharapkan mampu meningkatkan penguasaan pasar yang potensial dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM sehingga mampu mewujudkan ketahanan ekonomi.
Abstract
The prolonged pandemic as a result of the Corona virus is a form of threat that attacks many countries in the world. This pandemic has an impact on almost all sectors of life. One of the sectors affected besides health is the economic sector. The economic sector is inseparable from a shift where previously there were many conventional businesses, so in the last few years it has begun to shift to digital business. In relation to MSMEs as one of the economic sub-sectors, inevitably they have to keep up with the times. The phenomenon that MSME products have obstacles in terms of marketing so that many products are not sold, the use of traditional marketing strategies that have not reached a wide market share and a significant decrease in income during the Covid-19 pandemic has an impact on the low economic resilience of MSME person. Problem of this research is how to empower MSMEs through digital marketing during a pandemic and the aim of the
research is to describe the extent to which efforts to empower MSMEs through strengthening marketing strategies (digital marketing). By using descriptive qualitative research methods analysis and Miles Huberman as data analysis techniques. The results showed that marketing strategies that have been carried out by MSMEs are mostly based on offline marketing. Offline marketing has
disadvantage of a limited market share. The existence of a digital-based marketing strategy and support from the Government and various parties is expected to be able to increase potential market share and is expected to increase MSME persons income so that they can realize economic resilience.