PENGARUH OPINION SHOPPING, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2019)

  • Dina Febriyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mujiyati Mujiyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: opini audit going concern, opinion shopping, pertumbuhan perusahaan, likuiditas, proporsi komisaris independen, komite audit, going concern audit opinion, opinion shopping company growth, liquidity, proportion of independent commissioners, audit committee

Abstract

Abstrak

 

Auditor dalam mengeluarkan opini audit going concern untuk memastikan apakah perusahaan mampu mempertahankan kelangsungan usahanya atau tidak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh opinion shopping, pertumbuhan perusahaan, likuiditas, proporsi komisaris independen, dan komite audit terhadap opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2016-2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh untuk sampel 144 perusahaan dari 192 perusahaan populasi. Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar Jakarta Islamic Index diperoleh dari www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian variabel komite audit berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern sedangkan variabel opinion shopping, pertumbuhan perusahaan, likuiditas, dan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern.

 

Abstract

The auditor in issuing a going concern audit opinion to ascertain whether the company

is able to maintain its business continuity or not. The purpose of this study was to determine the effect of opinion shopping, company growth, liquidity, the proportion of independent commissioners, and audit committees on going concern audit opinions. This study uses companies listed on the Jakarta Islamic Index 2016-2019. The sample used in this study was purposive sampling method. The data obtained for a sample of

144 companies from 192 population companies. The method of collecting data in this study is secondary data taken from the financial statements of companies listed on the Jakarta Islamic Index obtained from www.idx.co.id. Hypothesis testing in this study used  logistic  regression  analysis.  The  results  of  the  study  of  the  audit  committee variable significantly influence the going concern audit opinion shile the variable opinion shopping, company growth, liquidity, and the proportion of independent commissioners do not significanlty affect the going concern audit opinion.

Author Biographies

Dina Febriyanti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mujiyati Mujiyati, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Published
2021-07-20