IMPLEMENTASI LOYALITAS PELANGGAN DI CV MEGARIZHO PUPUK ORGANIK CAIR SEMARANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berfokus tentang bagaimana citra merek dan kualitas pelayanan yang dikaitkan dengan loyalitas pelanggan melalui nilai yang diterima pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai yang diterima pelanggan sebagai mediator. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling terhadap 40 pelanggan Pupuk Organik Cair Megarizho Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuestionare yang akan diberikan langsung kepada pelanggan Pupuk Organik Cair Semarang. Data yang diperoleh melalui pengumpulan kuestionare menggunakan pengukuran skala likert dengan analisis data deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Analisis data menggunakan analisis statistika dengan bantuan Program Software Partial Least Square (PLS). hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel citra merek dan kualitas pelayanan terhadap nilai yang diterima; (2) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel nilai yang diterima terhadap loyalitas pelanggan; (3) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap nilai yang diterima.
Abstract
This Study Focuses on how Brand Image and Service Quality are associated with Cuctomer Loyalty through the Value Received by Customers. This Study aims to determine the effect of brand image and service quality on customer loyalty with the value received by the customer as a mediator. This type of research is descriptive quantitative research. The research conducted by purposive techniques of 40 customer of Megarizho Organic Liquid Fertilizer Semarang. The data collection method used in this study was to use a questionnaire will be given directly to customers of Megarizho Liquid Organic Fertilizer Semarang. The data that has been obtained through the collection of questionnaires using Likert Scale measurement with descriptive data analysis and path analysis. Data analysis using statistical analysis with the help Partial Least Square (PLS) Software Program. The results of study indicate that : (1) There is a positive and significant effect between the brand image variable on the value received; (2) There is a positive and significant influence between the value variable received on customer loyalty; (3) There is a positive and significant influence between the variables of service quality on the value received.